News

List

Kupas Tuntas Tanaman Hias Favorit Pemula

10 Juli 2020 14:04

Pagebluk yang menggepuk beberapa bulan terakhir membuat banyak orang berubah aktivitasnya. Sosialisasi gerakan #dirumahaja berbuah lebih banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah, di tengah pandemi yang mewabah. Hasilnya, orang kian banyak beraktivitas dan melahirkan hobi-hobi baru untuk mengatasi kejenuhan selama di rumah. Satu diantaranya yaitu menanam tanaman hias.

Riza, salah satu pedagang bunga di Pasar Bunga Bratang menuturkan dagangannya mengalami kenaikan selama masa pandemi. “Mulai pandemi itu (kenaikannya), habis lebaran malah lebih banyak yang cari soalnya kan orang-orang udah bosen di rumah,” kata wanita berkerudung ini saat ditemui Surabaya City Guide, Selasa (7/7/2020).

Menurut Riza, kenaikan ini merata di semua jenis tanaman baik indoor maupun outdoor. Diantaranya aglonema, akasia, pillow princess, monster, kalantea, hingga kaktus. Kehadiran media sosial menurutnya menjadi salah satu pemicu kenaikan ini, pasalnya banyak pembelinya yang mendapatkan rekomendasi dari media sosial kemudian berbelanja di pasar bunga.

Tanaman-tanaman yang ramai dibeli tergolong tanaman yang mudah perawatannya. Aglonema merupakan salah satu tanaman hias yang disukai pemula. Tanaman dengan perpaduan warna hijau dan merah muda ini tengah naik daun, selain karena warna daunnya yang indah juga karena perawatannya yang mudah. “Asalkan rutin disiram dan telaten merawatnya, pasti tumbuhnya bagus. Kalau mau daunnya kinclong dikasih obat,” kata Riza.

Safirah Ishami, penghobi tanaman hias juga mengamini hal yang sama. Menurut Safirah, aglonema termasuk tanaman yang tidak rewel. “Perawatan rutin paling siram tiap hari, pagi atau sore. Kalau pupuk aku kasih dua minggu sekali. Yang penting sih jangan ditaruh tempat yang kena matahari langsung. Di tempat teduh, kayak teras misalnya,” ucapnya.

Selama hampir satu tahun menjadi penghobi tanaman hias, aglonema termasuk salah satu tanaman yang membuatnya happy. “Soalnya tunasnya muncul terus. Dari satu aglonema besar, aku udah mindahin ke tiga pot baru.”

Selain aglonema, ada satu jenis tanaman lagi yang jadi incaran para penghobi tanaman yaitu monstera. Fera Diana, pedagang bunga yang lapaknya tak jauh dari lapak Riza juga kesulitan mencari tanaman dengan corak daunnya yang khas tersebut. “Kemarin ada yang ambil monstera 3 pohon kena Rp. 1.600.000. Saya gak kuat kulakan mbak, harganya naik gila-gilaan. Di petani juga langka karena banyak yang cari,” ungkap Fera.

Secara perawatan, masih menurut Safirah, antara merawat aglonema dan monstera tidak berbeda jauh. Bahkan Safirah mendaku asalkan rutin menyiram dan memberi pupuk, pasti tanaman cepat tumbuh. Wanita berusia 27 tahun ini punya tips saat memilih media tanam. Ia lebih suka memakai sekam bakar atau serabut kelapa. “Kalau pakai tanah bisa bikin akar terlalu lembab, terus jamuran,” tutupnya.

Tidak hanya tanaman hias, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli tanaman obat keluarga atau disingkat toga seperti jahe, kunir, serai, laos, kumis kucing, juga ginseng. Tanaman-tanaman toga ini mempunyai manfaat selain sebagai bahan memasak juga sebagai obat-obatan tradisional. Bahkan selama pandemi ini banyak yang mencari tanaman toga untuk dibudidaya.