News

List

Pemprov Jatim Apresiasi Bantuan Ventilator dari Polri

07 Juni 2020 20:02

Melihat kondisi penyebaran virus covid-19 yang masif di Jawa Timur serta keterbatasan alat ventilator, menginisiasi kepedulian Polri untuk mendistrbusikan alat tersebut ke Propinsi Jawa Timur melalui jaringan RS yang dimilikinya, RS Bhayangkara. Adapun kota-kota yang mendapatkan bantuan alat ventilator dari Polri adalah Surabaya, Kediri, Tulung Agung, Malang, Lumajang, Bondowoso, Nganjuk dan Bojonegoro.

Atas dukungan berharga dari pihak Polri ini, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Polri. "Alat ventilator memang tengah sangat dibutuhkan oleh beberapa rumah sakit untuk membantu keberlangsungan hidup pasien-pasien kritis yang mengalami gagal nafas." ujar Emil. Dia berharap, jumlah pasien yang dapat diselamatkan juga akan bertambah tinggi dengan ketersediaan alat yang cukup.

Sementara itu, Pemrov Jawa Timur saat ini juga fokus meningkatkan pemulihan ekonomi, dengan fokus pemulihan di bidang industri, pariwisata, investasi, kesehatan dan infrastruktur dengan mengeluarkan beberapa kebijakan sosial ekonomi. Diantaranya adalah mengamankan kelancaran pemasaran dan distribusi produk pertanian, restrukturisasi kredit bagi pelaku ekonomi terdampak, padat karya tunai untuk pelaku ekonomi kecil terdampak, dan jaring pengaman sosial.

Sedangkan terkait dengan persiapan new normal di Jawa Timur, maka pemerintah provinsi juga tengah menyiapkan manajemen data terkait COVID-19 sehingga lebih mudah dalam menentukan langkah dan mengambil keputusan. “Kami juga berharap masyarakat Jawa Timur menjadi warga yang smart dan peduli kesehatan dengan lebih disiplin untuk menerapkan protokoler jaga kesehatan selama pandemi ini masih ada." ajak Emil.